Pengertian Apa Itu Lycopene Dan Manfaatnya

Pengertian Lycopene berikut ini akan akan memperjelas manfaat Lycopene untuk kesehatan.


PENGERTIAN LYCOPENE

Sebagian dari kita mungkin baru mendengar tentang lycopene, benda apakah itu ya?  Namun saya yakin di antara teman - teman sekalian ada yang sudah tahu apa itu lycopene. Ok, pengertian lycopene dapat anda pelajari pada bagian di bawah ini.

Lycopene merupakan senyawa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh karena mengandung banyak vitamin dan antioksidan. Kandungannya yang sehat ini mampu mencegah berbagai penyakit dan menjaga kesehatan dan kecantikan kulit seperti menjaga kekencangan kulit dan menjaga kulit awet muda. Bukan hanya itu, kekuatan, kelembaban dan kilau rambut yang sehat juga akan Anda dapat.



SUMBER - SUMBER LYCOPENE

Kandungan lycopene paling banyak terdapat dalam tomat, dan semakin merah dan matang, maka semakin banyak pula kandungan lycopene-nya. Ini sudah dijelaskan pada halaman sebelumnya tentang manfaat tomat.

Tomat memberikan kontribusi lebih dari 85% dari asupan likopen yang diperlukan tubuh sehari-hari. Selain dalam buah tomat yang sudah masak, lycopene juga ditemukan dalam jambu biji, jeruk bali dan semangka.


pengertian apa itu lycopene



MANFAAT LYCOPENE

Setelah di atas kita mempelajari tentang pengertian lycopen, berikut ini kami ulas secara lebih lengkap manfaat lycopene, antara lain berikut ini :

1. Mencerahkan Kulit

Seperti yang sudah disinggung pada pengertian lycopene di atas, lycopene bermanfaat positif untuk kulit. Siapa yang akan menyangka ternyata salah satu bahan yang ampuh dalam mencerahkan kulit adalah lycopene. Lycopene dapat mengoptimalkan fungsi dari melanin. Tidak hanya itu saja, lycopene juga mencegah terjadinya hiperpigmentasi yang menjadikan kulit menjadi lebih gelap. Baca juga : cara memutihkan wajah secara alami

2. Mencegah kanker 
Lycopene telah terbukti dapat mencegah berbagai macam kanker, seperti : kanker serviks, kanker prostat, kanker payudara, kulit, hati dan paru-paru. Untuk kanker prostat, bisa dilakukan diet minum 2-3 gelas jus tomat tanpa gula per hari selama 3 minggu sebelum operasi untuk mengurangi dan mengendalikan remisi kanker dan proliferasi sel kanker prostat. Untuk kanker lain, cukup minum 1 gelas jus per hari.

3. Mencegah penyakit jantung
Ternyata lycopene juga bermanfaat besar pada kesehatan jantung. Lycopene dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena fungsinya yang kuat sebagai antioksidan. Jika mengonsumsi jus tomat sehari sekali, maka hal ini akan mampu menjauhkan Anda dari penyakit jantung, dan berbagai penyakit kardiovaskuler lain seperti penyakit stroke dan penyumbatan arteri.

4. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Dari pengertian lycopene di atas juga sudah disinggung manfaat lycopene untuk kulit. Lycopene merupakan salah satu antioksidan yang ampuh dalam melindungi kulit dari sinar UV. Seperti yang telah diketahui, sinar UV merupakan salah satu penyebab radikal bebas yang dapat memicu beragam masalah kulit. Tidak hanya menimbulkan garis halus, sinar UV juga dapat menyebabkan kanker kulit.

5. Memperbaiki ketidaksuburan pada laki-laki.

Wow, info yang satu ini tentu menarik sekali. Manfaat lain dari lycopene adalah meningkatkan kesuburan pada laki-laki. Penelitian membuktikan bahwa ada hubungannya mengonsumsi banyak lycopene dengan produksi sperma yang sehat. Cukup rutin konsumsi makanan kaya lycopene agar meningkatkan kesuburan.

6. Osteoporosis.

Manfaat lycopene bukan hanya mampu menangkal radikal bebas dan menjaga kulit Anda tetap sehat, namun juga mampu menjaga kepadatan tulang agar terhindar dari penyakit keropos tulang seperti osteoporosis. 

7. Degenerasi makula
Ini sudah sangat jelas bahwa lycopene juga mampu memperbaiki dan mencegah degenerasi makula yang menyerang mata. Ini tidak lain karena lycopene juga merupakan obat penyakit mata yang memiliki retinol atau vitamin A.

8. Mengurangi Ruam

Manfaat lycopene selanjutnya adalah mengurangi ruam yang muncul pada kulit. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan bahan anti peradangan pada lycopene yang ampuh mengurangi kulit yang meradang. Tidak hanya itu saja, lycopene juga menstimulasi pembentukan sel kulit baru yang akan mempercepat proses penyembuhan kulit.

9. Gangguan neurologis

Lycopene ternyata juga dapat mencegah gangguan syaraf otak seperti Alzeimer, Parkinson, dan demensia vaskular. Ini mungkin karena lycopene juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu memperbaiki sel rusak, melancarkan peredaran darah dan membersihkan syaraf otak dari efek buruk oksidasi.